27 September 2013

Rancabuaya, Pesona Pantai Selatan Jawa Barat

Yess Outdoor : Selama ini kita mungkin lebih mengenal pantai Pangandaran atau Pelabuhan Ratu sebagai sebuah obyek wisata pantai di Jawa Barat.

Selain kedua pantai tersebut, sebenarnya ada sederet pantai-pantai lain yang layak untuk menjadi tujuan kita apabila ingin menikmati sajian alam pesisir laut selatan di Jawa Barat.

Salah satunya adalah pantai Ranca Buaya. Pantai ini berada Krcamatan Caringin, atau sekitar 90 Km atau sekitar 4 jam perjalanan disisi selatan dari Kota Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga sebagai tempat mencari ikan oleh nelayan disekitar Ranca Buaya. Hasil tangkapan mereka berupa ikan tongkol, udang, lobster dan jenis ikan laut lainnya.

Pantai yang berketinggian 0-200 mdpl ini memiliki perairan berwarna biru, gelombang/ombak yang relatif kecil, tidak lebih dari 1 meter serta berpasir halus, dengan bebatuan karang. Disepanjang pantainya terlihat hamparan hijau karena sebagian besar areanya ditumbuhi oleh rumput.

Selain menikmati pemandangan pantai, kita bisa juga melakukan tracking atau hiking diarea wisata pantai Ranca Buaya ini.

Sebagai informasi, di Ranca Buaya telah berdiri villa-villa, penginapan dan juga pos kesehatan sebagai salah satu sarana penunjang wisata. Tapi lebih asyik kalau kita pasang tenda kali ya? Akh.. itu mah tergantung selera kita.. :)

Transportasi

Apabila kita ingin mengunjungi pantai Ranca Buaya selain kendaraan pribadi kita bisa juga menggunakan kendaraan angkutan umum bus 3/4 dari Terminal Guntur menuju Ranca Buaya.

Lihat Peta.

Lihat Ranca Buaya di peta yang lebih besar

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)