27 September 2013

Pesona Keindahan di Pantai Ujung Genteng

Yess Outdoor : Kalau sebelumnya kita telah mengunjungi pantai Rancabuaya di selatan Garut, sekarang ada lagi salah satu pantai yang memiliki pemandangan elok. Pantai Ujung Genteng namanya.

Ujung Genteng merupakan daerah pantai di sisi selatan Sukabumi, ±200 Km dari kota Jakarta.  Umumnya orang lebih mengenal nama Pelabuhan Ratu daripada Ujung Genteng.



Jangankan berkunjung, mendengar namanya saja mungkin masih asing, hahaha..

Sebagian besar penduduk Ujung Genteng adalah nelayan & petani serta ada juga yang  menjadi penyadap Nira untuk dibuat gula kelapa. Konon  nama Ujung Genteng berasal dari kata Ujung Gunting, dimana posisinya berada di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yg berbentuk gunting.

Bagian ujung gunting atas berada di Ujung Kulon  bagian ujung gunting bawah berada di Ujung Genteng.  

Perjalanan dari Jakarta membutuhkan waktu sekita 5-6 jam karena perjalanannya yang melewati daerah-daerah macet seperti di Cicurug dan Cibadak menuju arah ke Palabuhan Ratu.

Mendekati lokasi disekitar Pelabuhan Ratu, kita akan melalui jalan kecil yang dilalui cenderung berbelak-belok dan menanjak sepanjang ±14 Km, namun memiliki pemandangan yang indah di sisi kanan jalan, yaitu pesisir pantai Palabuhan Ratu yang terlihat jelas dari atas bukit Bagbagan.

Jalanan akan makin indah karena kita akan melewati  perkebunan teh Surangga, masuk kota kecil Kiara Dua, Jampang Kulon dan terakhir Surade.  

Bagi pecinta fotografi, daerah ini sangat cocok  karena memiliki view yang indah dan kita bisa menikmati sunrise dan sunset yang pastinya akan menyajikan pemandangan alam keren.

Pantai di Ujung Genteng memiliki air yang bersih  dan ombak yang besar. Keadaan pantainya masih bersih. Tidak semua pantai di Ujung Genteng ini memiliki ombak besar, kita bisa menemukan ombak kecil di  pantai Batu Nunggul.  

Ombak disana lebih kecil karena tertahan oleh  karang yang berada sekitar 200m sebelum garis pantai.
Pada saat pasang air laut memenuhi pantai dengan kedalam air 0,5 - 1 meter, sangat cocok untuk berendam, bermain perahu karet, juga aktifitas lain.

Seperti kolam luas dengan air yang berarus tenang.  

Ketika surut, maka kita bisa berjalan ketengah sambil melihat-lihat biota laut seperti bintang laut, siput, ikan hias yg terperangkap, udang kecil, bahkan cacing laut.

Kita juga bisa melihat langsung penyu hijau bertelur pada malam hari dengan menggali lubang untuk menyimpan telurnya.  

Ujung Genteng juga memiliki lokasi yang menarik untuk berselancar dengan ombak yang cukup menantang.

Untuk para pemancing, Ujung Genteng bisa menjadi tempat yang menarik dengan banyaknya jenis ikan dan pemandangan yang indah.

Jadi kalau kita ingin menikmati keindahan pantai dan keheningan alam, pantai Ujung Genteng bisa menjadi alternatif bagi yang belum pernah mengunjunginya ataupun bagi yang sudah pernah berkunjung dan ketagihan karena "Pantai Ujung Genteng, Eksotis dan Romantis.

Pengintahu lebih detil tentang pantai Ujung Genteng ini? langsung ke TKP aja ya. Tuh lihat petanya aja keliatan asyiknya :)

Ini dia petanya

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)