07 September 2013

Pantai Suwuk, Keindahan Panorama Pantai Selatan


Yess Outdoor : Pantai yang dijadikan sebagai salah satu objek wisata unggulan pemkab Kebumen ini berada dipesisir selatan kabupaten Kebumen. Tepatnya di desa Suwuk, Kecamatan Puring, kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Gerbang Wisata Pantai Suwuk
Lalu kenapa pantai ini dipilih untuk tayang di blog ini? Tentunya karena pantai ini merupakan salah satu obyek wisata pantai yang tertata dengan rapi di kawasan Kebumen yang memiliki banyak tempat wisata pantai ini, diantaranya :
  • Pantai Ambal
  • Pantai Bocor
  • Pantai Petanahan
  • Pantai Suwuk
  • Pantai Ayah

Sunset
Pantai-pantai tersebut bisa kita jangkau dengan melalui jalur paling selatan, yaitu jalan Daendels yang juga merupakan jalur alternative Jogja - Cilacap. Kalau kita dari arah Gombong, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit kearah selatan untuk mencapai pantai Suwuk.


Pantai Suwuk merupakan pantai laut selatan samudera Indonesia,  sejajar dengan pantai-pantai lain yang ada di kabupaten Kebumen diatas.
Sisi Timur Pantai Suwuk

Salah satu kelebihan pantai Suwuk adalah pemandangan alam yang indah dengan adanya dua batas sungai di barat dan sisi timurnya. Disisi barat pantai ini terdapat sebuah pemandangan  pegunungan kapur. Dari sana ketika pengunjung berada di bebatuan pinggir muara sungai, pengunjung akan dapat melihat pesona pantai yang menawan.


Area pantai Suwuk memiliki luas sekitar 3000 m2.  Selain tersaji pemandangan alam, disana juga bisa kita temua kebun binatang mini  yang  diisi oleh beberapa jenis burung dan hewan mamalia.
Sisi Barat Pantai Suwuk
Menurut informasi, pemerintah kabupaten Kebumen akan membuat pantai suwuk ini seperti kawasan pantai Ancol Jakarta secara bertahap. Hal itu bisa terlihat dengan dibangunnya pintu masuk yang cukup megah.

Dalam perencanaan pemerintah daerah, mereka akang membangun jembatan penyeberangan yang menghubungkan Pantai Suwuk, muara kali Suwuk, Pantai Karangbolong dan Gunung Karangbolong sehingga  pengunjung bisa lebih leluasa dalam menikmati keindahan pantai secara utuh dari wilayah barat hingga timur.

Selain memiliki keindahan panorama alam, pantai ini juga dikenal sebagai pantai favorit untuk olah raga memancing di wilayah Kebumen. Pada hari-hari biasa, tidak jarang kita akan menjumpai para pemancing yang asyik dengan kail mereka melempar dan menarik kail ditepian sungai/pantainya.

Pemancing dipantai Suwuk


Dari yang kita dapatkan disana, salah satu yang khas adalah adanya kedai-kedai yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga yang jelas.
PETA LOKASI
Mereka memiliki price list dari dagangannya yang dibuat seragam.

Konon jika ada pedagang yang menjual diluar harga tersebut, maka mereka akan dikenai sangsi oleh pihak pengembang kawasan pantai tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)