28 September 2010

HUT Gaspala & Reboisasi Hutan Mangrove II

Gaspala, nama yang tak asing bagi telinga-ku. Sebuah nama yang lama kami bangun dan perjuangkan sejak masa SMA dulu. Satu itikad bersama, satu perjuangan dan tujuan bersama orang-orang yang mencoba untuk aktif dalam kegiatan ke-pecinta alaman. Dengan satu proses yang cukup panjang dan berliku akhirnya lahirlah satu Organisasi Pecinta Alam di SMAN2 Kebumen. Ya, hari ini, tanggal 28 September, Gaspala memperingati hari jadinya.


Satu kebanggaan bagi saya dan tentunya teman-teman seperjuangan kami di Gaspala yang tak bisa disebut-kan satu-persatu dengan berbagai latarbelakang dan pemikiran yang beraneka ragam. Seolah mengatakan pada kami, bahwa tidak ada satu perbedaan-pun dalam tubuh Gaspala.

Satu kebanggaan pula, dalam menyambut HUT nya kali ini, kemarin Gaspala telah sukses melakukan salah satu bentuk nyata dari kegiatan akan kesadaran menjaga lingkungan hidup. Ya tanggal 26 September kemarin Gaspala kembali sukses menggelar Reboisasi Hutan Mangrove II, di pantai  selatan sebelah timur Kab. Kebumen. itu merupakan salah satu bentuk partisipasi gaspala dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Karena sebagai sebuah organisasi (siswa) pecinta alam, bersama para alumni mereka bahu membahu berbuat nyata, sesuai dengan embel-embel pecinta alam-nya. Bukan-kah sebagai organisasi pecinta alam, seharusnya memang bisa mengedepankan ego untuk bisa ( minimal, peduli akan alam ini ? ) dan berusaha melestarikan lingkungan? Organisasi pecinta alam gaspala, sudah saatnya untuk tidak selalu fokus pada kegiatan adventuring seperti mountaineering, rock climbing, caving dsb. yang jadi trend aktifitas organisasi pecinta alam pada umumnya. Dengan semakin dewasanya usia gaspala, inilah satu bentuk gaspala menuju kearah, kematangan dalam mindset tentang cara pandang organisasi  pecinta  alam dan makna pecinta alam itu sendiri.
Tak ada kado yang bisa saya berikan untuk-mu gaspala. Hanya ucapan 

"Selamat Ulang Tahun. 
Lanjutkan perjuangan, lewati segala tantangan kedepan
 dengan persatuan yang erat, dan... Salam Lestari"



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)