29 Agustus 2010

PMI Kirim Dokter & Obat untuk Korban Sinabung


PMI kirim 5.000 paket obat, terutama untuk pasien penderita sesak nafas.

Letusan Gunung Sinabung yang terjadi pada Minggu dini hari, 29 Agustus 2010, membuat puluhan ribu orang mengungsi.

Warga pun mulai mengeluhkan gangguan kesehatan, terutama sesak naas dan iritasi mata.

Palang Merah Indonesia segera mengirim bantuan untuk korban letusan Gunung Sinabung.

Berdasarkan laporan Ketua Bidang Penanggulangan PMI Pusat Soemarsono, PMI akan memberangkatkan tim dokter dari Rumah Sakit PMI Bogor, Senin besok. Tim dokter PMI akan dikirim dengan membawa paket obat-obatan.

"Senin (30/8) akan berangkat tim dokter PMI Pusat dari RS PMI Bogor dengan membawa 5.000 paket obat-obatan. Terutama untuk pasien yang terkena sesak nafas," demikian keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Minggu, 29 Agustus 2010.

Selain dokter dan obat-obatan, PMI Pusat juga akan mengirim 10.000 masker, 1.000 paket perangkat higienis (hygiene kit), dan 1.000 lembar selimut untuk korban letusan Gunung Sinabung yang kini berada di pengungsian.



Kemudian, PMI juga mengirim dua orang tim assesment, salah satunya staf Federasi Palang Merah Internasional, untuk mendata kebutuhan data para korban dan pengungsi.

Hingga saat ini, tercatat sudah sekitar 26 ribu jiwa yang tinggal di pengungsian akibat letusan Gunung Sinabung. Para pengungsi berasal dari tiga kecamatan, yaitu kecamatan Naman Teran (tujuh desa), kecamatan  Payung (tiga desa), dan kecamatan Tiga Derket (tiga desa).

Pengungsi ditampung di sejumlah titik yang telah disediakan Pemerintah. Lokasi pengungsian tersebut berada di kota Brastagi (tiga titik) dan kota Kaban Jahe (lima titik).








Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)