21 Februari 2010

Sir Edmund Hillary & Sherpa Tenzing Norgay

Sir Edmund Hillary, seorang pendaki gunung yang lahir di Wellington  Selandia Baru pada 20 July 1919. Bersama dengan Tenzing Norgay adalah dua orang yang pertama kali menjejakkan kakinya di Puncak Everest, pada 29 Mei 1953 jam 11.30. Dalam pendakiannya ke Everest tersebut, Hillary dibantu oleh 150 pendaki profesional dan 750 orang pendukung perbekalan bersama dengan pemandu sherpa Tenzing Norgay. Tenzing Norgay adalah seorang Sherpa Nepal yang hidupnya di sekitar Everest.


Keberhasilan Edmund Hillary pada saat itu sangat fenomenal mengingat baru berakhirnya Perang Dunia II dan menjadi semacam inspirator untuk mengembalikan kepercayaan diri bagi seluruh bangsa di dunia. Karena keberhasilannya, Edmund Hillary mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris yang baru saja dilantik saat itu Ratu Elizabeth II,dan menjadi orang yang paling dikenal di seluruh dunia. Sir Edmun Hillary.

Sherpa adalah nama satu suku di Nepal dan tibet yang hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya. Mereka banyak membantu pendakian ke Everest karena keahlian mereka dalam mendaki dan mengenali medan. Dewasa ini nama sherpa banyak dipakai sebagai sinonim untuk nama pemandu, meskipun itu belum tentu dari suku Sherpa ini.



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)