19 Desember 2009

Tips Milih Tas Backpack / Ransel

Untuk bisa berpetualang dengan membawa banyak peralatan dan perlengkapan, fungsi tas ransel adalah vital. Vital sebagai kontainer tempat penyimpanan barang-barang yang kita bawa. Lalu apa yang perlu kita pertimbangkan dalam menentukan sebuah tas yang layak untuk kita bawa saat berpetualang? Ini, disini (mungkin)  salah satunya yang pantas untuk dipertimbangkan :




1. Size
Size menentukan besarnya kapasitas dari tas yang kita pilih. Perjalanan yang lebih lama memerlukan size yang lebih besar. Selain lama perjalanan lokasi kadang juga menentukan pemilihan tas yang akan kita pakai.



Perjalanan singkat sehari, mungkin kita bisa menggunakan tas ukutran kecil 30 - 40 liter. Saat kita melakukan perjalanan lebih lama dan mengharuskan kita untuk bermalam di perjalanan tersebut, tentunya kita akan membutuhkan tas dengan kapasitas lebih besar 60 liter mungkin ideal untuk perjalanan sehari semalam. Untuk perjalanan yang butuh waktu berhari-hari gunakan size lebih dari 70 liter




Saat kita memilih jenis tas, itu berarti kita juga menentukan kenyamanan kita. Nah saatnya kita memilih jenis tas yang ideal dan baik untuk kita pakai berpetualang. Untuk itu perlu kita perhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu :

2. Tali Pinggang
Tali pinggang akan mampu memberikan kita kenyamanan saat memakai tas besar. Karena dengan adanya tali pinggang ini tas akan lebih stabil saat harus dibawa berjalan melewati medan yang bervariasi. Bayangkan kita memakai tas besar dengan beban berat, saat berjalan / menuruni bukit, tas kita bergerak kesana kemari, tentu akan membuat kita cepat capai atau bahkan badan pada sakit.

3. Tali Dada
Pertimbangkan untuk memilih tas yang memiliki tali penyeimbang dada / tas. Karena ini akan membuat kita lebih nyaman, dimana akan merasakan seolah tas kita menempel erat pada bagian punggung. Dengan kombinasi tali pinggang, maka kita akan memiliki keseimbangan dan kenyamanan saat menggunakannya. Tentunya carapacking yang benar juga berpengaruh pula untuk kenyamanan ini Jo..

4. Tali Bahu dan Setelan Atas
Pada bagian bahu harus empuk dan terhubung dengan bagian atas tas dengan semacam webing yang berfungsi untuk mengatur setelan yang pas pada bagian atas tas punggung kita. Kita tahu, umumnya saat kita memakai tas dengan full size yang mengakibatkan tas besar kita terisi dengan sempurna, maka akan cenderung menggantung / miring ke belakang sehingga mengakibatkan beban ke arah belakang kita. Nah inilah salah satu fungsi setelan atas, sehingga kita tidak harus membungkukkan badan untuk memperoleh keseimbangan badan saat membawanya berpetualang.

5. Bantalan Punggung
Merupakan titik sentral utama dari tas yang bersentuhan langsung dengan punggung kita. Harus nyaman dan sebisa mungkin carilah yang ada setelannya ( bisa di setel ). Selain itu perhatikan juga perlunya aliran udara pada bagian ini, sebab dengan adanya aliran udara, maka punggung kita akan merasa lebih nyaman.

6. Ruang Tas
Tas yang kita pilih sebaiknya memiliki ruang yang mudah dijangkau. Untuk tas dengan 2 buah ruang, pertimbangkan untuk penyimpanan barang didalamnya. Sedangkan untuk tas dengan hanya satu ruang utama, yang perlu diperhatikan adalah packing barang kita dalam tas tersebut. Buatlah packing yang baik.

7. Kantung tambahan ( Samping ataupun Atas )
Untuk jenis kantong ini, pertimbangkan pula kebutuhan kita. Ada beberapa model yang fleksibel, memungkinkan kita untuk memasang ataupun melepas kantong samping ini. Untuk kantong atas perhatikan yang ini. Kantong atas berfungsi untuk menyimpan barang-barang perlengkapan yang sering kita gunakan selama perjalanan. Makanan kecil, masker dan sebagainya.








1 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)